SMP NEGERI 2 BANTARBOLANG – Pada tahun 2021 ini SMP Negeri 2 Bantarbolang ditunjuk sebagai salah satu kandidat dalam program sekolah ADIWIYATA, penunjukan tersebut bukan tanpa alasan karena dalam menciptakan Sekolah Adiwiyata tidak bisa diwujudkan dalam waktu sekejap sebab harus ada keselarasan antara program sekolah dengan warga sekolah.
Walaupun
kondisi sekolah dan warga sekolah sudah selaras dalam menciptakan lingkungan
yang bersih, sehat serta asri akan tetapi masih ada beberapa hal kecil yang
harus di persiapkan. Oleh karena itu, pada sela-sela waktu setelah pembelajaran
selesai diadakan kegiatan bersih-bersih guna menunjang sekolah menuju Adiwiyata.
SEKOLAH ADIWIYATA adalah SEKOLAH yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program ADIWIYATA diharapkan seluruh masyarakat di sekitar SEKOLAH agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita.
Tujuan
Dari ADIWIYATA :
· Tujuan Umum : membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu
berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan
berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.
· Tujuan Khusus : mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya
perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik
untuk mendukung pembangunan berkelanjutan
Prinsip
Dasar Program ADIWIYATA :
1. Edukatif, prinsip ini mendidik programer
Adiwiyata untuk mengedepankan nilai-nilai pendidikan dan pembangunan karakter
peserta didik agar mencintai lingkungan hidup, baik lingkungan dalam sekolah,
di rumah dan di masyarakat luas.
2. Partisipatif, komunitas sekolah harus
terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggungjawab dan peran.Partisipatif ini juga
merupakan sebuah sikap yang harus dituntujukkan kepada lingkungan sekitar
sekolah dari komite sampai pemerintahan setempat, harus dilibatkan, agar
pelestarian lingkungan hidup dari sekolah bisa berdampak ke lingkungan sekitar.
3. Berkelanjutan, seluruh kegiatan harus
dilakukan secara terencana dan terus menerus secara
komprehensif/berkesinambungan.
Komponen
Untuk Mencapai Tujuan SEKOLAH ADIWIYATA :
1.Kebijakan Berwawasan Lingkungan
o
Visi dan Misi Sekolah yang Peduli dan Berbudaya Lingkungan.
o
Kebijakan Sekolah dalam mengembangkan Pendidikan Lingkungan Hidup.
o Kebijakan Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) baik Pendidikan maupun
tenaga Kependidikan dibidang Pendidikan Lingkungan Hidup.
o
Kebijakan Sekolah dalam hal penghematan Sumber Daya Alam
o
Kebijakan Sekolah yang mendukung terciptanya Lingkungan Sekolah yang Bersih
dan Sehat.
o Kebijakan Sekolah untuk pengalokasian dan penggunaan dana bagi kegiatan
yang terkait dengan lingkungan hidup
2. Pelaksanaan
Kurikulum Berbasis Lingkungan
o Pengembangan model pembelajaran lintas mata pelajaran,
o Penggalian dan pengembangan materi dan persoalan lingkungan hidup yang ada
di masyarakat sekitar,
o
Pengembangan metode belajar berbasis lingkungan dan budaya,
o Pengembangan kegiatan kurikuler untuk peningkatan pengetahuan dan kesadaran
siswa tentang lingkungan hidup.
3. Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
o
Menciptakan kegiatan ekstrakurikuler/kurikuler di bidang lingkungan hidup
berbasis partisipatif di sekolah,
o
Mengikuti kegiatan aksi lingkungan hidup yang dilakukan oleh pihak luar,
o
Membangun kegiatan kemitraan atau memprakarsai pengembangan pendidikan
lingkungan hidup di sekolah.
4. Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah yang Ramah Lingkungan
o
Pengembangan fungsi sarana pendukung sekolah yang ada untuk pendidikan
lingkungan hidup,
o
Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan di dalam dan di luar kawasan
sekolah,
o
Penghematan sumberdaya alam (listrik, air dan ATK),
o
Peningkatan kualitas pelayanan makanan sehat,
o
Pengembangan sistem pengelolaan sampah.
Manfaat
mengikuti Program ADIWIYATA adalah :
1. Mendukung pencapaian standar kompetensi/
kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan
menengah.
2. Meningkatkan efesiensi penggunaan dana
operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai
sumber daya dan energi.
3. Menciptakan kebersamaan warga sekolah
dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
4. Menjadi tempat pembelajaran tentang
nilai-nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar
bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
5. Meningkatkan upaya perlindungan dan
pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian pencemaran,
pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.
Adapun penghargaan dalam program ADIWIYATA terbagi dalam 3 kategori yaitu Sekolah Adiwiyata Mandiri, Sekolah Adiwiyata, dan Sekolah Calon Adiwiyata. Adiwiyata Mandiri diberikan kepada sekolah-sekolah yang mampu mempertahankan program-program lingkungan hidup mereka selama tiga tahun berturut-turut. Meski demikian pada dasarnya program Adiwiyata tidak ditujukan sebagai suatu kompetisi atau lomba. Penghargaan Adiwiyata diberikan sebagai apresiasi kepada sekolah yang mampu melaksanakan upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup secara benar, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Sebagaimana disebutkan diatas, penghargaan adiwiyata tahapan pemberdayaan (selama kurun waktu kurang dari 3 tahun) dan tahap kemandirian (selama kurun waktu lebih dari 3 tahun). Pada tahap awal, penghargaan Adiwiyata dibedakan atas dua kategori, yaitu : Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang dinilai telah berhasil dalam melaksanakan Pendidikan Lingkungan Hidup dan Calon Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang dinilai telah berhasil dalam pengembangan lingkungan hidup.
0 komentar:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !